Cara print bolak-balik seperti buku


Rasanya nggak ada salahnya jika pengalaman print buku Tema anak-anak yang diprint secara bolak-balik seperti sebuah buku cetak saya tulis kembali di blog ini.


Buku tema atau buku-buku lain yang dapat kita download dari internet tentu dapat lebih nyaman kita baca jika kita cetak/print agar bisa dibaca sambil santai tanpa tergantung dengan perangkat komputer atau elektronik seperti gadget PDF.

Namun mencetak buku dengan per lembar tentunya akan memboroskan kertas, semisal sebuah buku memiliki halaman 120, jika kita cetak satu per satu tentu menjadi boros kertas. Kita bisa mencetaknya dengan bolak-balik seperti sebuah buku cetak dari pabrikan. Baiklah, bagaimana cara mencetaknya ?. Untuk cara print dokumen secara bolak-balik ternyata cukup mudah, berikut ini caranya.

Cara print bolak-balik memanfaatkan halaman ganjil genap.


  1. Pertama buka dokumen yang akan Anda cetak/print, pastikan dan cek dokumen apakah sudah benar semua dan perhatikan juga jumlah halaman semuanya.
  2. Kemudian lakukan perintah Print, bisa dengan menekan tombol Print yang terdapat pada Office Button atau menekan tombol P+Ctrl pada Keyboard komputer.
    Pilih Odd pages untuk ganjil terlebih dahulu, pada MS Office
  3. Setelah muncul jendela Print, seperti gambar di atas. Pada bagian Print di bawah Print What, Sobat klik pilihan pada Print yaitu memilih Odd pages jika ingin mencetak semua halaman ganjil terlebih dahulu dan Even pages jika ingin mencetak hal genap.

Misalkan setelah selesai mencetak halaman genap terlebih dahulu, tentu akan dilanjutkan dengan mencetak halaman ganjil. Untuk melanjutkan pekerjaan print tersebut tentu kertas harus disusun sedemikian rupa supaya hasil cetak tidak saling timpa atau terbalik antara hal depan dengan belakangnya.

Bagaimana cara print bolak-balik pada file PDF ?

Cetak bolak-balik pada file berformat PDF caranya hampir sama, hanya pilihan Odd pages dan Even pages tersedia pada bagian Subset buka pada Print.
Print dialog jika mencetak menggunakan Adobe Acrobat reader untuk file PDF Format
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara print bolak-balik seperti buku"

Posting Komentar