Langkah dan cara mudah membuat tabel dengan excel


Seperti kita ketahui, garis-garis bantu antar sel pada Microsoft hanya merupakan garis bantu saja. Jadi ketika kita mencetak dengan melakukan print, garis-garis tersebut tidak akan tercetak menjadi seperti sebuah garis tabel.

Untuk membuat sebuah tabel dengan MS Excel, kita harus melakukan beberapa langkah mudah dengan membuat garis border yang nantinya akan menjadi garis sebuah tabel yang kita buat. 
Tabel latihan dengan Excel 2007
Jika kita sudah membuat/memberi garis border pada tabel di Excel, maka ketika pekerjaan tersebut dicetak dengan print, garis tersebut akan terlihat sebagai sebuah garis tabel lembar kerja kita.

Membuat tabel pada MS Excel

Baiklah, berikut ini urutan dan cara mudah membuat tabel menggunakan Microsoft Excel. Disini saya masih menggunakan MS Excel 2007, karena saya pikir masih cukup nyaman dan familiar saya gunakan.

  1. Pertama tentunya kita harus terlebih dahulu membuka aplikasi Microsoft Excel, jika sudah terbuka silahkan Sobat masukkan data yang akan digunakan untuk mengisi tabel yang akan dibuat. Lihat gambar di bawah ini, saya coba masukkan data pada masing-masing sel pada lembar kerja “worksheet” saya.
    Data diketik pada sel yang akan dijadikan tabel
  2. Sorot atau blok area atau sel yanga akan Sobat jadikan sebuah tabel, area sel yang Sobat blok tersebut nantinya akan diberi garis-garis border sebagai garis tabel.
    Sorot range sel yang akan diberi garis border sebagai garis tabel
  3. Dengan masih tetap memblok atau menyorot range sel yang akan dijadikan tabel, Sobat klik Borders pada grup tools Font pada Ribbon Home, kemudian pilih All Borders untuk memberi garis border sebagai garis tabel pada area range sel yang kita Sorot.
    Klik All Borders pada Tools Borders untuk memberi perintah memberi garis border pada setiap sel

Dengan 3 langkah tersebut, kita sudah bisa membuat sebuah tabel sederhana dan mudah. Untuk melihat hasilnya, Sobat dapat menekan Print >Print Preview pada Office Button.
Tabel hasil latihan tersebut.
Tabel tersebut masih merupakan sebuah tabel sederhana, Sobat masih harus mengeditnya menjadi sebuah tabel yang terlihat baik dan mewakili sebuah tabel pekerjaan yang profesional. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Langkah dan cara mudah membuat tabel dengan excel"

Posting Komentar