Cara aman menyimpan foto handphone di komputer


Pernahkah Anda mengalami kehilangan foto-foto di dalam ponsel karena memori SD rusak atau karena terhapus tanpa sengaja ? Tentu jika Anda pernah kehilangan foto karena masalah tersebut,
pasti akan merasakan kecewa, karena bagaimanapun moment di dalam foto tidak akan bisa diulang kembali.

Foto, by pixabay.com

Backup foto segera

Demikian halnya dengan saya, pernah juga mengalami kejadian yang kurang menyenangkan karena harus kehilangan foto-foto yang dengan susah payah diabadikan, karena memori SD di dalam hp tiba-tiba rusak dan harus diformat.

Kecewa ? pasti, tapi harus bagaimana lagi !. Semenjak kejadian tersebut, sejak saat itu saya menjadi lebih preventif menjaga foto-foto di dalam memori SD supaya aman dan tidak hilang akibat kerusakan memori SD ataupun terhapus tanpa sengaja.

Googling dan cari referensi cara mengamankan foto dari handphone ternyata cukup banyak cara dan panduannya di internet, salah satunya bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan email atau layanan google Drive dari google. Tapi pada artikel ini, 12cara hanya membahas cara menyimpan foto menggunakan email saja, cara lainnya tunggu pada artikel berikutnya.

Berikut ini caranya :


  1. Siapkan sebuah akun email, selain akun email dari gmail yang digunakan pada handphone.
  2. Buka gallery foto Anda di dalam handphone, kemudian seleksi/sorot foto yang akan disimpan.
  3. Pilih tombol share, kemudian klik/pilih menggunakan gmail yang aktif pada ponsel untuk mengirim email kepada email yang disiapkan untuk menerima foto yang akan kita simpan.
    Klik tombol share
  4. Masukkan alamat email yang akan dituju “yang sudah kita siapkan untuk menerima kiriman foto”, kemudian kirim/send.
    Masukkan alamat email dan tekan Send
  5. Prinsip cara ini adalah mengirim email dan foto yang kita kirim lalu kita jadikan attachment/lampiran. 
Foto-foto atau file lampiran akan tersimpan aman di dalam akun email kita selama kita tetap menyimpannya dan tidak menghapusnya.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

0 Response to "Cara aman menyimpan foto handphone di komputer"

Posting Komentar