Hp android install aplikasi sendiri, coba tips ini


Apa yang harus kita lakukan ketika mengalami masalah tiba-tiba handphone android kita menjadi install-install aplikasi sendiri tanpa terkendali ?.
Setiap intalasi aplikasi yang satu kita matikan, maka aplikasi yang lainnya akan menyusul install sendiri tanpa kita perintahkan, begitu seterusnya hingga hp panas dan baterai cepat berkurang.

Foto oleh pixabay.com
Jika kita menggunakan layanan data WIFI tentu tidak terlalu menjadi masalah, bagaimana ketika kita menggunakan layanan data kartu selular ?, tentu quota data kita akan cepat habis. Masalah yang terjadi pada pengguna smartphone android ini rasanya memang sedang tren dan bukan hanya saya yang mengalaminya.

Jika Anda kebetulan mengalami hal yang sama dengan saya, terkait masalah ponsel android yang install aplikasi sendiri terus-menerus, coba lakukan tips ini di bawah ini. 

  1. Pertama, matikan koneksi data internet, baik WIFI dan layanan data kartu seluler pada ponsel atau tablet android Anda.
  2. Virus malware tersebut hanya bekerja jika handphone dalam kondisi online saja, jadi mematikan layanan data dan koneksi internet WIFI setidaknya membantu Anda bisa bernafas lega untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang terinstall sendiri tersebut.
  3. Backup dan simpan password/sandi aplikasi BBM, email dll yang penting termasuk daftar phonebook Anda, bisa ke komputer atau kartu memori card handphone.
  4. Setelah semua data tersimpan aman, di dalam komputer atau seperti password dan user id tercatat aman. Lakukan Factory reset atau menghapus data-data dan aplikasi di dalam ponsel secara langsung untuk mengatur ponsel kembali pada pengaturan pabrik.

Hal tersebut bertujuan supaya ponsel berada pada kondisi seperti baru, ya baru keluar dari pabrik atau baru kita buka dari dus pembelian di toko. Pada kondisi tersebut, software OS android dalam kondisi belum terinstall aplikasi tambahan dari aplikasi pihak ke tiga.


Setelah selesai proses factory reset, ponsel bisa kita coba buka dan layanan data internet bisa kita coba hidupkan. Tunggu hasilnya, jika aplikasi-aplikasi yang tidak diundang masih tetap saja berjalan seperti sebelumnya, berarti malware tersebut tidak bisa kita basmi dengan cara Factory reset.

Alternatif lain membasmi malware tersebut yaitu dengan membawanya ke teknisi handphone, untuk dilakukan flash ulang software menggunakan tools dari komputer. Semoga bermanfaat

0 Response to "Hp android install aplikasi sendiri, coba tips ini"

Posting Komentar