Memindah data ke sd card android, cara dan tipnya


Kapasitas memori internal smartphone Android tentu ada batasnya, jika tidak kita siasati dengan memindahkan data dalam ROM ke SD Card pada smartphone android, maka akan mengakibatkan Smartphone menjadi sangat lambat dan kadang kala justru seperti hank.

Penuhnya memori internal pada smartphone Android memang bisa mengakibatkan handphone jadi lambat, karena ruang penempatan untuk SWAP file atau memori sementara tidak tersedia. 
Jika hal ini sampai terjadi tentu smartphone akan memberikan peringatan bahwa memori internal penuh dan mungkin beberapa aplikasi akan berjalan tidak semestinya dan bahkan berhenti.

Memindah ke memori eksternal SDCard

Salah satu pilihan alternatif untuk melonggarkan kapasitas memori internal pada Smartphone Android adalah dengan memindahkan aplikasi-aplikasi yang bisa dipindah ke Memori eksternal “SDCard”.

Kenapa ada kalimat “yang bisa dipindahkan saja” ?. Karena tidak semua aplikasi pihak ketiga yang kita download/install dari google Play store bisa dipindah dari memori internal ke memori SDCard. Ada beberapa aplikasi yang harus tetap berada pada internal memori, untuk file instalasinya. 

Aplikasi-aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke eksternal memori SDCard antara lain seperti whatsapp, BBM dan beberapa aplikasi lainnya. Dan jika Anda ingin mencoba memindahkan aplikasi dari memori internal “ROM” ke memori SDCard, coba ikuti cara berikut ini.
  1. Dari menu pengaturan atau Setting, Anda pilih Aplikasi atau Apl.
    Pilih aplikasi yang akan dipindah
  2. Kemudian klik aplikasi yang akan dipindahkan ke memori SDCard, setelah diklik, maka akan muncul menu seperti gambar di bawah ini.
    Klik pindah ke kartu SD
  3. Pilih atau klik Pindahkan ke SDCard, tunggu sesaat dan aplikasi akan berpindah ke dalam memori SDCard.
    Aplikasi yang sudah berada dalam SDCard
  4. Meskipun di dalam memori ROM internal Smartphone aplikasi yang kita pindahkan masih ada, tetapi kapasitasnya sudah berkurang karena sudah terbagi di memori SDCard. Jika diperhatikan, aplikasi yang kita pindahkan tersebut akan ada dua, yang satu di dalam memori internal dan satunya di dalam memori eksternal “SDCard”.
Catatan, screen shoot menggunakan Smartphone Android Acer Z4. Tidak semua smartphone memiliki cara pengaturan yang sama dengan cara saya ini. Beberapa merk Smartphone tidak memiliki cara pengaturan tersebut.

1 Response to "Memindah data ke sd card android, cara dan tipnya"