Jaringan komputer, fungsi dan kegunaannya


Tahukah Anda, ketika kita sedang menggunakan komputer untuk mengakses internet, maka saat itu juga kita sedang menggunakan sebuah jaringan komputer global yang terhubung dalam sebuah jaringan bernama internet.


Jadi apa fungsi dan kegunaan jaringan komputer bagi kita ?. Mari kita ketahui  terlebih dahulu pengertian dari sebuah jaringan komputer itu sendiri.
Gbr. Pixabay.com

Jaringan komputer

Jaringan komputer merupakan sebuah jaringan yang berupa hubungan komunikasi antar komputer baik dua komputer atau lebih yang berfungsi untuk saling bertukar data. Tujuan dihubungkannya beberapa komputer ke dalam sebuah jaringan adalah untuk komunikasi pertukaran data antar komputer yang disebut server dan client.

Server merupakan pusat penyimpanan dan penyedia data dalam sebuah jaringan komputer, sedangkan client adalah komputer pengguna dan peminta data yang ada di dalam server. Masing-masing client bisa juga saling bertukar data asalkan memiliki hak akses untuk mengakses dan bertukar data antar client.

Bagaimana menghubungkan komputer ke dalam jaringan ?

Komputer yang akan dihubungkan ke dalam jaringan komputer, harus memiliki sebuah kartu jaringan didalamnya. Kartu jaringan tersebut akan dihubungkan menggunakan kabel sebagai transmisi data.

Jadi ketika beberapa komputer sudah terhubung dengan kartu jaringan dan kabel transmisi data, maka lingkaran hubungan antar komputer tersebut bisa disebut dengan jaringan komputer.

Jadi fungsi sederhana dari sebuah jaringan komputer adalah untuk menghubungkan antara sebuah komputer dengan komputer-komputer lainnya yang bertujuan untuk pertukaran data.

0 Response to "Jaringan komputer, fungsi dan kegunaannya"

Posting Komentar