Perbedaan blog dengan website


Tentu banyak pengguna internet termasuk saya, yang belum bisa membedakan website dengan blog. Jadi apakah itu website ? dan apa itu blog ?, kemudian apa saja ciri dari website dan blog ?.
Meskipun website dan blog berbeda, tetapi sebuah blog pasti merupakan bagian dari sebuah website, tetapi sebaliknya sebuah website belum tentu merupakan bagian dari blog..agak membingungkan ya.

logo blog, gambar blog, perbedaan blog dan web
foto : pixabay.com
Pada perkembangannya, sebuah blog yang semula hanya berupa susunan artikel yang urut berdasarkan waktu postingnya terus berinovasi hingga terjadi banyak kemajuan dan perkembangan sehingga penampilan sebuah blog menjadi seperti layaknya sebuah website. Tetapi untuk lebih jelasnya dan mempermudah membedakan website dan blog, silahkan Anda simak uraiannya di bawah ini.

  • Isi atau Konten : dari segi isi, sebuah website merupakan sebuah halaman tetap, sedangkan blog berupa posting artikel yang terus bergerak berdasarkan artikel/konten terbaru yang menggeser konten lama.
  • Halamannya : halaman website terdiri dari page dengan beberapa link untuk mengakses halaman lainnya, sedangkan blog berupa CSS (Cascading style sheet) yaitu sistem halaman yang terus bergerak/bergulir.
  • Alamat domain ; website berdomain dan hosting berbayar, sedangkan blog bisa menggunakan domain gratis dan hosting gratis.
  • Tampilan : tampilan/template sebuah website biasanya disesuaikan dengan keahlian web designer sedangkan blog bisa menggunakan template gratis yang banyak tersedia di internet.
  • Arah dan tujuan : Wesbite berupa halaman yang bertujuan untuk sarana promosi dan informasi bisnis, sedangkan blog bisa lebih pada penyaluran ide, kreasi dan aspirasi pribadi.

Beberapa perbedaan website dan blog yang saya tuliskan di atas bukan merupakan pendapat yang 100% benar adanya, namun merupakan pendapat normatif dan bersifat opini atau pendapat saya saja.

Jadi silahkan Anda telaah lagi jika akan menggunakan opini ini sebagai bahan referensi. Semoga bermanfaat

0 Response to "Perbedaan blog dengan website"

Posting Komentar