Pengertian workbook dan worksheet pada excel


Bekerja menggunakan aplikasi Microsoft Excel, kita akan akrab bertemu dengan workbook dan worksheet. Kedua istilah tersebut akan saling berhubungan dengan pekerjaan kita menggunakan Microsoft Excel. 

Tapi apakah pengertian dari workbook dan worksheet di dalam excel, sehingga kita menjadi paham masing-masing kedua istilah tersebut ?
Microsoft office Excel
Mari kita uraikan satu-persatu, pengertian dari istilah workbook dan worksheet pada MS Excel di bawah ini.

Pengertian workbook

Workbook merupakan format standar dari file excel, di dalam workbook akan terdiri beberapa worksheet sebagai lembar kerjanya. Jika kita analogikan, workbook seperti sebuah buku yang di dalam buku tersebut terdapat berlembar-lembar kertas yang bernama worksheet.
Lembar kerja workbook

Ketika pertama kali kita bekerja menggunakan Excel dan memulainya dengan membuka halaman kerja baru, maka saat itu pula kita akan memiliki sebuah workbook baru yang masih kosong dengan 3 lembar worksheet standar di dalam workbook tersebut. 

Standar jumlah worksheet pada sebuah workbook baru biasanya 3 buah worksheet yang terdiri dari sheet 1, sheet 2 dan sheet 3.

Pengertian worksheet

Setelah mengenal pengertian sederhana dari sebuah workbook, mari kita uraikan sedikit tentang worksheet atau lembar kerja di dalam workbook.
Sheet 1 s/d 3 adalah worksheet
Seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa worksheet merupakan lembaran demi lembaran kerja yang terdapat di dalam sebuah workbook dari MS Excel. Worksheet bisa kita tambah atau kurangi sesuai dengan kebutuhan kita di dalam sebuah workbook.

Jika kita hanya membutuhkan 3 buah worksheet, maka ketika kita membuka sebuah workbook baru dengan 3 worksheet, tentu kita sudah tidak membutuhkan sheet baru lagi sehingga tinggal memanfaatkan sheet standar yang sudah ada saja.

Untuk menambahkan worksheet baru, Anda bisa mengklik Insert, sedangkan untuk menghapus worksheet cukup klik Delete.

0 Response to "Pengertian workbook dan worksheet pada excel"

Posting Komentar